Selasa, 12 Oktober 2010
PERSPEKTIF BELAJAR MATEMATIKA
Meninjau kembali pada tujuan pendidikan nasional, yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berimtaq kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, maka seorang guru dalam pelaksanaan pembelajaran harus berusaha untuk mengarahkan pembelajaran sesuai dengan tujuan tersebut.
Tujuan nasional inipun harus dijabarkan (break down) ke tujuan pembelajaran bidang studi masing-masing. Terkait hal itu, maka yang menjadi tujuan setiap guru matematika pada pembelajaran matematika di setiap sekolah pada tingkatan manapun:
- Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten.
- Mengembangkan aktifitas dan kreatif, yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba
- Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving) dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan, grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan (Depdiknas, 2003:3)