Poposal Tesis

Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang Buat Sahabatku di surabaya yang bahenol klik disini untuk download filenya tapi dilengkapi sendiri. Buat mahasiswa baru Pasca sarjana di Kanjuruhan yang sibuk nggak bisa kerjakan tugasnya dapat kerjasama dengan kilas pasuruan dengan membayar per tugas Rp 30.000
Selasa, 12 Oktober 2010

PERSPEKTIF BELAJAR MATEMATIKA

Meninjau kembali pada tujuan pendidikan nasional, yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berimtaq kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, maka seorang guru dalam pelaksanaan pembelajaran harus berusaha untuk mengarahkan pembelajaran sesuai dengan tujuan tersebut.
Tujuan nasional inipun harus dijabarkan (break down) ke tujuan pembelajaran bidang studi masing-masing. Terkait hal itu, maka yang menjadi tujuan setiap guru matematika pada pembelajaran matematika di setiap sekolah pada tingkatan manapun:
  1. Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten.
  2. Mengembangkan aktifitas dan kreatif, yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba
  3. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving) dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan, grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan (Depdiknas, 2003:3)